Kamis, 01 Desember 2011

mengelola e-mail 4.4



CARA MENGELOLA EMAIL / ACCOUNT FMIPA UI

Email FMIPA UI dapat diakses langsung melalui :http://mail.google.com/a/sci.ui.ac.idatau dengan mengetikanhttp://sci.ui.ac.id/mail, ataupun mengklik link yang ada di Web Portal FMIPA UI seperti gambar dibawah ini :



















Klik link pada gambar diatas untuk menuju ke layanan Email FMIPA UI.

Tampilan gambar dibawah ini adalah tampilan awal pada saat kita ingin masuk / login ke layanan email FMIPA UI,















Isikan kolom Username dan Password yang telah diberikan, lalu tekan Sign In pada button yang tersedia untuk log in pertama kali, lalu setelah itu bisa dilanjutkan dengan penggantian password default yang telah diberikan.



Isi kolom Curent password dengan password default yang telah diberikan, lalu pada kolom New password isikan password yang kita kehendaki lalu re-enter password diisi sama dengan New password yang telah kita masukkan tadi.

Setelah kita melakukan pergantian, maka akan tampil account kita seperti dibawah ini

Disini kita akan melakukan medirect email atau mengaitkan email / account UI kita ke layanan Email FMIPA, tidak hanya account UI yang bisa kita direct, email gmail, yahoo, hotmail dan lain-lain pun bisa kita direct ke account Email FMIPA kita, jadi kita hanya membuka 1 email untuk membaca seluruh email-email kita, dan kita pun dapat juga membalasnya.

Berikut adalah cara mendirect email / account UI kita ke layanan Email FMIPA.
Untuk yang pertama adalah kita akan membuat settingan

Kirim sebagai
Untuk yang pertama adalah Kirim email sebagai, kita bisa mengirim email atas nama account ui kita menggunakan layanan email dari FMIPA, berikut adalah cara-caranya.


Pada setelah account klik menu account, lalu klik Tambahkan alamat email anda untuk mengaitkan account email ui anda.
Isikan nama dan alamat email UI anda, lalu klik langkah selanjutnya.


Lalu klik kirim verifikasi untuk memverifikasi account anda. Biasanya hal ini membutuhkan waktu beberapa menit untuk menunggu proses pengiriman kode verifikasi ke account ui anda


Pada gambar diatas telah terkirim verifikasi untuk mengaitkan email ui kita ke layanan email FMIPA.



Isikan kode verifikasi yang telah kita terima


Pada gambar diatas kita bisa menentukan email mana yang akan menjadi email utama kita, dan opsi pada membalas email, secara default atau ditujukan dari alamat yang sama.


Jika berhasil, pada saat kita akan mengirim sebuah email, kita dapat memilih dari account yang mana kita akan mengirim email tersebut. Tidak ada batas berapa kita ingin menambahkan account kita pada“Kirim Sebagai”, untuk menambahkan kita tinggal mengulangi langkah-langkah diatas.



Yang selanjutnya mengambil atau membaca email masuk dari UI pada layanan email FMIPA, berikut adalah cara-caranya :


Masih pada setelah account kita, tetapi kali ini kita memilih padaMendapatkan pesan dari account lainnya.

Isikan email UI anda pada Alamat email, lalu klik langkah selanjutnya.


Pada nama pengguna masukkan account UI
Pada kolom sandi : Masukkan sandi account UI anda.

  • Berikan centang pada Tinggalkan salinan email agar email tetap ada di account UI kita,
  • Berikan centang pada Gunakan koneksi aman, agar selalu memberikan rasa aman (SSL).
  • Berikan centang pada Beri Label pada email masuk, kita bisa membiarkannya secara default, atau kita dapat langsung membuatnya sesuai dengan keinginan kita sendiri.
  • Klik tambahkan account, maka semua email yang masuk dari UI kita dapat menerimanya serta langsung membalasnya segera dengan email UI kita.



Setelah proses selesai, maka secara otomatis dan langsung email ui kita akan terkirim ke account Email FMIPA dan diberikan sebuah label untuk menandakan bahwa email tersebut berasal dari account UI.


Dengan settingan ini, kita bisa membaca, membalas email account UI kita dari layanan Email FMIPA kita, dan kita pun dapat membuat ini pada email kita yang lainnya, sebagai contoh email yahoo, gmail, ataupun hotmail.

Terima kasih,
PPTI FMIPA UI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar